warna-warni surabaya

warna-warni surabaya
semua ceritaku di surabaya

Minggu, 27 November 2011

GAYA KERJA


GAYA KERJA
Pengertian :
Gaya Kerja adalah kesatuan dari berbagai cara/tindakan yang didasari oleh SINA seseorang dan ditampilkan disaat ia melakukan hubungan kerja dengan orang lain.
  Gaya-kerja berarti :
Gaya-kerja merupakan kesatuan   kumpulan tingkah laku yang berpola.
*      Tingkah laku yang bukan bagian dari interaksi dengan orang lain, ini bukan Gaya-kerja.
*      Beberapa tingkah laku yang muncul dalam situasi kerja, tetapi tidak didasari oleh sistem nilai dan asumsi, ini bukan Gaya-kerja.
*      Gaya-kerja bukanlah tingkah laku itu sendiri, melainkan berdasarkan persamaan yang muncul dalam tingkah laku konkrit.
*      Gaya kerja hanyalah sebagian dari kepribadian seseorang. Gaya-kerja bukan temperamen.
MACAM-MACAM GAYA KERJA
v   Gaya Kerja Komandan
v   Gaya Kerja Pelayan
v   Gaya Kerja Bohemian
v   Gaya Kerja Birokrat
v   Gaya Kerja Manajer
ELEMEN GAYA KERJA :
1.      Mengkomunikasikan gagasan
2.      Mengkaji gagasan pihak lain
3.      Menangani Keluhan
4.      Menolak Permintaan
5.      Menyampaikan Kritik
6.      Menyelesaikan Konflik
7.      Mengambil Keputusan

Mengkomunikasikan Gagasan :
Tindakan untuk memberi penjelasan pada pihak lawan mengenai hal yang merupakan keyakinan dan harapan pihak pertama, yang berupa tuntutan, permintaan, saran, informasi atau bisa juga perasaan-perasaan
Mengkaji Gagasan Pihak Lain :
Tindakan yang dilakukan (pihak pertama) untuk memahami jalan pikiran pihak-pihak kedua, baik yang meliputi kepentingan yang ingin mereka peroleh maupun saran yang mereka berikan. Tindakan ini bisa dilakukan dengan mengajukan pertanyaan atau dengan mengamati tingkah laku pihak kedua.
Menolak Permintaan :
Dilakukan bila hal-hal yang diminta oleh pihak kedua tidak mungkin dipenuhi. Penolakan dilakukan secara terang-terangan atau diam-diam.
Menegur Kesalahan dan Menyampaikan Kritik :
Tindakan pihak pertama dalam rangka memperbaiki/mengoreksi tindakan pihak kedua yang dinilai tidak sesuai dengan tata cara, nilai, atau kesepakatan yang berlaku.
Menangani Keluhan :
Tindakan penyelesaian masalah yang dilakukan pihak pertama sehubungan dengan keluhan pihak kedua yang menganggap bahwa kenyataan yang ada tidak sesuai dengan harapannya.
Menangani Konflik yang terjadi :
Tindakan pihak pertama untuk menyelesaikan kondisi pertentangan yang disebabkan adanya kepentingan yang saling berbenturan.
Mengambil Keputusan :
Pengambilan keputusan dilakukan bila dalam suatu kerja sama terdapat konflik yang tidak terselesaikan.
GAYA KERJA KOMANDAN
       Merasa benar sendiri.
       Sebagai pengambil keputusan.
       Tidak ingin dibantu atau dipengaruhi orang lain.
       Sebagai atasan : ia cenderung mendikte bawahannya.
       Sebagai bawahan : ia membantah atasannya.
       Sulit percaya bahwa pihak lain akan berusaha untuk memperhatikan pihaknya.
       Giat menyampaikan kepentingannya.
       Menganggap kepentingannya lebih utama.
         Tidak ragu-ragu menyatakan keberatan atau celaan terhadap jalan pikiran orang lain.
GAYA KERJA PELAYAN
       Keinginan yang kuat untuk disenangi orang lain.
       Selalu menjaga perasaan orang lain.
       Mendahulukan kepentingan orang lain.
       Mudah mengalah pada pendapat orang lain.
       Sebagai atasan : lebih sering membujuk, dan sulit mengambil keputusan.
       Giat mempelajari kepentingan orang lain.
       Menahan diri untuk menyampaikan keberatan.
       Berhati-hati dalam menyampaikan  kepentingannya.
       Dalam mengambil keputusan, lebih  mementingkan unsur hubungan baik daripada  kualitas keputusan.
GAYA KERJA BOHEMIAN
       Tidak mau merepotkan dan direpotkan   orang lain.
       Segan bekerja sama.
       Sikap masa bodoh dengan dunia luar.
       Tidak merasa terikat dengan suatu keputusan.
       Tidak terlalu mendetail dalam mempelajari kepentingan orang lain.
       Menyilahkan pihak kedua membuat keputusan tanpa merugikan pribadinya.
       Tidak menegur kesalahan orang lain yang tidak langsung merugikan kepentingan pribadinya, walaupun jelas-jelas merugikan kelompoknya.

        GAYA KERJA BIROKRAT
       Orang yang sangat teliti memperhatikan prosedur dan aturan yang berlaku.
       Dalam berhubungan dengan orang lain  adalah semua pihak bekerja sama untuk kepentingan pihak lain yang lebih tinggi.
       Tidak menyalahgunakan wewenang dalam mengambil keputusan akhir.
       Bila terjadi konflik, menerima secara objektif pihak yang dimenangkan oleh peraturan yang berlaku.
GAYA KERJA BIROKRAT
       Orang yang sangat teliti memperhatikan prosedur dan aturan yang berlaku.
       Dalam berhubungan dengan orang lain  adalah semua pihak bekerja sama untuk kepentingan pihak lain yang lebih tinggi.
       Tidak menyalahgunakan wewenang dalam mengambil keputusan akhir.
       Bila terjadi konflik, menerima secara objektif pihak yang dimenangkan oleh peraturan yang berlaku.
GAYA KERJA MANAJER
         Berpegang teguh pada slogan :
   “kerjasama yang baik adalah kerja   sama yang memuaskan semua pihak“.
         Dalam mengkaji gagasan orang lain, mereka mengajukan pertanyaan untuk memperoleh penjelasan yang lebih  mendalam.
         Menganalisa gagasan, dan mengajukan hasilnya dalam perundingan.
         Dalam menyelesaikan konflik, mereka mempelajari pangkal masalah dan   memahami kepentingan masing-masing pihak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar