warna-warni surabaya

warna-warni surabaya
semua ceritaku di surabaya

Senin, 24 Oktober 2011

BELAJAR DARI APAPUN dan SIAPAPUN.....

salam berdaya...
dolor semua saya ingin curhat kepada dolor-dolor se-Indonesia...
Ternyata telusur- telusur dalam kehidupan ini banyak hal yang bisa kita pelajari, karena semua bentuk dari mahluk hidup dan matipun dapat memeberikan suatu keilmuan yang besar, cotoh filosofi dari air,udara,batu, hewan sekalipun bisa kita maknai dalam kehidupan dengan mengerti unsur dan sifat mahluk itu yang kita bisa ambil, yang pasti dari sudut positifnya. Keilmuan munculpun bisa dipicu dari hal sederhana, yaitu suatu petanyaan, apa?,dimana?,bagaimana?, kok bisa?, siapa?seperti apa?.....dari sinilah manusia mencari tau kebenaran dari suatu pertanyaan, memang tidak logis sih saat begitu bayak keilmuan munculnya dari hal-hal sepele atau kecil,
dalam hal kecil itu manusia melakukan penelitian dan observasi dengan sistematis dan pembuktian-pembuktian secara ilmiah.
Terlepas dari itu semua saya akan berikan contoh real ,bahwa saat aktifitas sehari-hari kita, bisa banyak menjadi pembelajaran yang penting dalam kehidupan kita .Di awali dengan sebuah permainan, seperti catur, basket, badminton , di sana kita tidak terlepas terjadinya persaingan yang merebutkan sebuah kemenangan, ada poin-poin penting pembelajaran yaitu :

  1. 1.kita berpikir dan menganalisa dari kekuatan lawan kita, berpikir memahami dan belajar menjadi orang tersebut untuk mencari ancaman dan peluang untuk kita
  2. Kita harus menganlisa kemampuan dan kekurangan kita, kita bisa menggunakan kelebihan untuk senjata kita,dan menekan kekurangan kita, janagn sampai kita bersaing dalam kekurang kita jelas akan terjadi kekalahan telak.
  3. kita belajar mengendalikan diri, dengan bertarung dengan diri kita terlebih dulu, karena harus menyiapkan mental dan fisik untuk menjadi juara,tetapi besic seorang juara adalah dia bisa menerima kekalahan untuk mempersiapkan menjadi seorang pemenang yang sebenarnya.
  4. keahlian mengatur strategi dan membangun ketenangan berpikir, itu kunci dari sebuah pertandingan.
  5. Kemampuan tidak mudah menyerah dan membangun mental juara.
  6. Yang paling penting, selalu ikhlas apapun kondisi yang terjadi dan terus berdoa serta mencoba kembali

Itu adalah pengalaman saya dalam belajar dari setiap aktifitas keseharian kita, walau hanya di lihat dari sebuah permainan biasa, tetapi banyak lagi hal yang kita bisa pelajari dari pengalaman serta aktifitas kita sehari-hari ,belum lagi kita belajar dari pengalaman orang lain sunggug sangat merugi kalau kita tidak mau belajar dari semua itu, kita hanya menjadi orang yang berharap tanpa belajar.
Selalu ukir pengalaman untuk memperkaya diri dengan proses yang akan membentuk mental dan meperbanyak materi yang kita inginkan tanpa melupakan suatu keyakinan atas keberadaan tuhan...dan semoga kita bisa belajar dengan baik dalam kehidupan kita
Salam perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar