warna-warni surabaya

warna-warni surabaya
semua ceritaku di surabaya

Minggu, 27 November 2011

JUJUR itu MAHAL


selamat pagi dolor semua
 bagaimana keadaan temen-temen semua, semoga diberikan kesehatan semua, di pagi hari ini, aku ingin berbagi dengan temen - temen semua, karena tidak sengaja saya terbangun dari tidur saya, karena alhamdulilah surabaya tetap saja panas, walau sudah musim hujan,hehehhe mencoba bersukur dengan apapun yang terjadi,
omong" bersukur saya teringat dalam sebuah buku, namanya quantum ikhlas, buku itu dahsiat banget buat saya, menyadarkan setiap manusia untuk bisa menjadi ikhlas dengan selalu bershukur dengan kondisi apapun. Memang itu sulit bagi kita semua di setiap cobaan" yang ada kita harus berusaha bersyukur, hmmm.....

kita tidak sadar apa saja anugrah Tuhan yang diberikan kepada kita, yang jelas sangat banyak tetapi kita  jarang sekali,selalu tidak mencoba untuk mengerti hal tersebut, akhirnya apa yang terjadi kita selalu mengeluh di setiap kondisi, dengan merasa menjadi manusia yang tidak beruntung, putus aja, dll hmmm.. kalau tuhan tidak maha sabar, pastilah kita sudah almarhum, karena sudah jenuh dengan tingkah polah manusia yang tidak mau bersyukur dan berusaha tidak ada puas"nya .

          OK, itu prolog dari saya , dan kali ini saya ingin bercerita tetang arti sebuah kejujuran, apa sih arti jujur itu, kalau saya mengartikan jujur itu merbicara terus terang tanpa ada hal yang di tutup"in, sederhana bangetkan pengertian nya, tetapi saat kita dalam keseharian nya, apakah lebih sering tidak jujur, dari pada jujur..hufttt
saya takut buat jawab nya,,hehe yakan ane aja gk jujur tuh, tapi saya berusaha jawab deh, kalau aku sering banget gk jujur , terutama kepada diri saya sendiri, orang tua, orang lain dan banyak lagi..horeee yes aku bisa jujur, (yaelah jujur sekali aja dah seneng banget gue)hahhaha. Tetapi tau gak kawan, makna kejujuran itu dalam keseharian kita, dalam agama sudah jelas tertulis bahwa tidak jujur itu dah dosa besar,(walau gak tau ayat nya bagaimna, tapi kata guru agama saya seperti itu) dalam bermasyarakat juga tidak jujur itu sangat di benci sekali, dan kita juga tidak suka kalau orang lain tidak jujur dengan kita,,, TETAPIIIIIIIiiiiii..... kenapa kita tahu itu, dan kita sering kalinya JUGA tidak jujur, hmmmm(merenung sebentar) , saya mencoba menyimpulkan pengertian lain bahwa JUJUR = Harga yang MAHAL. jujur itu sangat mahal, berita buruk nya seperti itu, kita sulit sekali mengatakan kejujuran dalam hal kecil pun kadang kalanya kita tidak bisa jujur, karena terbisa tidak jujur, kita mengucapkan kedustaan,. wah jangan sampi ketidak JUJURan sudah menjadi kebiasaan kita, atau menjadi sebuah penyakit sosial yang terjangkit di masyarakat kita, IRONIS banget saat bangsa ini sudah tidak jujur lagi.
         Saya pernah membaca sebuar artikel dan presentasi juga, bahwa peringkat pertama dari perusahaan besar menerima karyawannya dengan syarat yaitu 1. JUJUR dan banyak lagi, saya tidak perlu membaca sampai terahir tetapi saya berpikir ,wah gilak perushaan besar pun yang hebat memerlukan karyawan yang JUJUR, kenapa kok yang pertama tidak yang PINTAR, Pengalaman yang banyak, tanggung jawab,dan lain".


saya mencoba mengartikan itu ,dalam pengertian percuma karyawan itu pintar IP di atas rata, rajin, etos kerja tinggi, pengalaman kerja dimana - mana, tampan dan cantik, dan lain" tetapi dia nanti tidak bisa JUJUR, ujung"nya nanti karyawan itu akan korupsi, korupsi uang, tanggung jawab, berhianat, berdusta dan banyak lagi efek dari tidak adanya kejujuran, hmmm....ternyat ngeri jugak yah.
saya kasik lagi contoh yang terakhir dalam berpacaran dan didalam keluarga kejujuran itu penting gk sih.. jelas sangat penting kawan, harga matilah untuk kejujuran itu ,


mungkin saya tidak mau meneruskan cotoh-contoh kejujuran dalam prespektif padang yang berbeda karena saya rasa teman" sudah menangkap apa maksud saya. JUJUR seperti  JAMU , kenapa kok JAMU, (jujur kok seperti jamu sih brow), iya aku bilang JAMU, jamu itu sangat pahit sekali dan gak enak rasanya, tapi sadar atau tidak sadar jamu itu sangat menyehatkan serta bisa menyembuhkan beberapa penyakit kita dari dalam, sama seperti keJUJURAN, memang sulit untuk berjakata jujur ,tapi yakinilah bahwa jujur adalah suatu hal baik yang akan kita dapatkan di depan sana nantikny, tidak untuk saat ini saja, tetapi untuk esok dan seterusnya. kita akan mencoba jujur dari diri sendiri, dan dari sekarang, karena jujur adalah kebiasaan dan kebudayaan.
              Saat jujur itu sudah tertanam dalam dalam diri kita , kita akan berbuat baik untuk diri sendiri dan orang lain, karena kita berusaha memberikan yang terbaik, memberikan keindahan  secara nyata. bukan kepalsuan. tetapi berbohong itu juga diperbolehkan saat kebohongan itu adalah kegohongan yang baik, bisa diartikan kebohongan yang baik adalah, kebohongan yang akan bertujuan dan bermanfaat yang baik, bukan akan membuat sebuah kedustaan yang menyesatkan.


tips buat kita semua, kita biasakan diri kita atau orang lain untuk bebicara jujur dari hal-hal yang kecil dan sederhana, karena itu basic, saat sudah kita berkomitmen dalam diri kita bahwa kejujuran adalah kebutuhan dalam kehidupan kita tidak hanya sebuah keinginan semua orang, tapi kebutuhan mendasar dalam manusia.
disini saya berusaha menyadarkan diri saya, dan mengajak teman" semua merenungkan dari KEJUJURAN diri kita. selamat berjuang dan maaf kalau ada kata" saya yang salah. semoga cerita saya mendapat manfaat untuk kita semua. 


"Never give up" salam berdaya dan salam perubahan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar