warna-warni surabaya

warna-warni surabaya
semua ceritaku di surabaya

Selasa, 15 November 2011

THE POWER of FOKUS


salam sangar dolor....
semangat pagi......
wah jam menujukan pukul 03.00, dan suhu di luar masih dingin dikarenakan surabaya baru saja hujan, walau badan masih capek dikarenakan aktifitas rutin sehari-hari tapi mental harus tetap sehat. hehe kata abang saya di TNI, di sana memang fisik di gembleng dengan keras , tetapi mental yang harus di utamakan untuk menjadi prajurit yang tangguh, walau fisiknya tidak seberapa hebat, memang opini itu sempat yang benarkan juga, karena saya dengar dari temen saya yang aktif di Pencinta alam juga sama seperti itu..hmmm so...mental itu harus bener" tahan banting yah...tapi bagaimana mendapatkan mental yang hebat itu, kadang kita sulit untuk mendapatkan jawaban yang pas denangan diri kita,, 

              Tetapi saya kali ini mau bagi-bagi cerita tetang kekuatan "FOKUS", kata pepatah , "guru yang paling baik adalah pengalaman" saya gk tau itu bener atau salah, tapi saya sekarang meyakini itu sih kalau teori itu benar entah sampai kapan saya juga tidak tau,hehe bahwa kita bisa belajar dari 2 hal, belajr dari diri kita dan dari orang lain, bayak cara untuk kita bisa berkembang dan mencapai apa yang kita inginkan..tetapi semua hal itu sarat dengan suatu proses yang memerlukan suatu perjuangan yang tinggi..hmmmm ngeri sih kalau kita denger kata berproses coz conon kata banyak orang sangat sulit, tapi kenapa kita gk mau mencoba untuk mendapatkan pengalaman, kan tadi dah di ungkapin ma pepatah pengalam guru yang baik,,hehe

         "FOKUS". ini adalah salah satu "KUNCI" sukses untuk kita dapat mencapai sesuatu yang kita impikan dan harapkan, memang sederhana sekali 5 huruf tersebut saat kita mencoba mengucapkan, tidak butuh waktu lama juga, tetapi saat kita mempraktekanya kadan sangan sulit, ya kan proses itu gk ada yang gampang,,yupzz bener jugak sih,,,"BELAJAR ITU SUSAH"
contoh kalau kita gk "FOKUS" apa yang bakal terjadi, :



1. Saat kita mau parkir kendaraan, dan kita gak fokus, kunci pasti lupa kecabut, terus ketinggalan deh
2. Gimana kalau kita gak fokus naruh barang, pasti lupakan ditaruh mana
3. Cobak kita lagi sholat gak fokus, pasti gak sahkan sholatnya

4. Cobak kita lagi baca buku, di tengah" gk fokus terus ngelamun,,hmmm pasti lupa kita baca sampek mana

5. Saat kita janji ma orang gk fukus, jadi lupa kan janjinya
6. Saat kita ngerjakin tugas dan ujian gk Fokus, pasti gk kelar" tuh tugas n ujian nya pasti gagal



           Dan banyak lagi contoh saat kita tidak "FOKUS" temen-temen masih meragukan perlunya dan pentingnya ke-FOKUSan buat diri kita..
pasti kalau masih waras, sepakat dengan opini saya, gak tau sendiri sih kalau ada yang setengah waras,,heheee pasti gak sepakat
just kiding brow..


                         PASTI saat kita tau dan mengerti The Power of FOKUS itu penting dan perlu, bagiamana kita bisa fokus, alias bisa konsent dengan apa yang kita inginkan. , sedikit curhat sih ,gpp kan....
saya orangnya suka hal-hal yang baru, dan alhasil apa, banyak aktifitas yang saya lakukan, sampai ketika saya tidak ada titik fokus sama sekali, jadinya setengah" deh apa yang saya dapatkan, dan sekarang saya mengerjakan namanya tugas akhir kuliah atau sekripsi, dan alhamdulilah saya mengerjakan skripis hampir 2 tahun ,padahal teman-teman seangkatan saya sudah lulus semua tinggal beberpa gelintir aja di kmpus, saya cobak memikirkan beberapa hal, dan berhenti mencari alasan, kembing hitam dan pembenaran diri,,
dan saya sadar sekali kalau saya kurang "FOKUS" dan serius untuk melakukannya, terlihat saya menunda" dan menyepelekan hal tersebut, tragis sih kalau saya masih menggunkan cara lama saya lakukan,dan di cap sebagai mahasiswa abadi. amit" deh..hehehe gak mau puoll lah, sampai saya berpikir apa saya orang nya gomblok banget..padahal banyak di angkatan saya yang katakanlah IP nya di bawah rata" dia jugak bisa lulus tepat waktu,,hahaha apa emang saya yang oon yah,,gak tau deh
sooo..saya mencoba untuk memperbaiki namanya "FOKUS" , saya memulai dari hal yang sederhana, alhamdulilah ada sedikit kemajuan walau gk besar sih, tapi saya yakin suatu saat saya akan bisa mengatasi namanya permasalahan tersebut...dan saya menemukan beberapa strateginya...ini masukan aja sih kawan, terima ya sukur, gk di terima ya alhamdulilah,,,hehe


  1. .Belajar melakukan fokus, dari hal-hal yang sangat kecil di setiap aktifitas kita
  2. Setiap mau memulai dan mengakhiri kegiatan usahakan kita berpikir terlebih dahulu alias kita evaluasi apa yang kurang dan apa yang sudah kita kerjakan, (hati-hari lan waspodo) biar kita lebih sensitif
  3. Kita perlu alat bantu untuk fokus, seperti catatan kecil atau teman untuk mengingatkan (hmm efektif tuh)
  4. Evaluasi setiap kita mau tidur kebaikan dan kesalahan apa yang kita sudah kita lakukan di hari itu.
  5. Olahraga setiap hari, paling bagus saat pagi hari, karena saat peredaran darah tidak lancar ke otak itu mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah ke otak, yang bisa buat kita mudah lupa alias sedikit pikun, dan olah raga membuat metabolisme tumbuh kembali lancar. kalau bisa melakukan yoga ,



       itu sih tips dari saya untuk kita bisa lebih fokus lagi, dan rasakan kekuatan dari "FOKUS"......
selamat mencoba, semoga berguna , kita akan ketetmu lagi di sesi berikutnya,,,
salam perubahan dan salam berdaya..(Never give up)























Tidak ada komentar:

Posting Komentar