warna-warni surabaya

warna-warni surabaya
semua ceritaku di surabaya

Minggu, 19 Juni 2011

mengenal karakter dari bentuk wajah

KORAN TEMPO, 8 Oktober 2007 – Elinda berdiri di muka cermin. Manajer iklan di sebuah penerbitan majalah wanita di Jakarta ini tak henti-henti menatap wajahnya. Dengan detail dia memperhatikan hampir seluruh bagian wajahnya.

Rupanya apa yang didapat Elinda dari sebuah seminar tentang membaca wajah membekas betul di pikirannya. Tahi lalat yang menclok di atas hidungnya, menurut sang pembaca wajah, menjadi salah satu faktor penyebab ia sulit mendapat jodoh.
“Tahi lalat ini mesti dibuang,” katanya. Tapi Elinda masih gembira. Dahinya yang lebar ternyata berdampak positif. Dahi, kata dia mengutip pembaca wajahnya, melambangkan karier. “Semakin lebar, menandakan karierku semakin bersinar,” ujarnya senang.
Seni membaca wajah seperti yang dilakukan Elinda kini memang tengah jadi tren di kalangan eksekutif muda dan para profesional. Mereka percaya, dari wajah mereka bisa melihat sifat dan karakter seseorang.
Tentu saja hal ini bisa membantu para eksekutif muda dalam berbisnis. Saat menjaring relasi bisnis, misalnya, ajang pembacaan wajah bisa membuat mereka lebih mudah dalam upaya menambah kolega dan mengakrabkan diri dengan relasinya tersebut.
Menurut Erwin Yap, seorang ahli pembaca wajah, tak hanya kalangan eksekutif muda yang membutuhkan keahlian ini, tapi juga bagian sumber daya manusia dan para psikolog.
Pria yang mengenyam pendidikan di Belgia itu mengatakan seni membaca wajah atau face reading baru berkembang setahun belakangan ini. Namun, di Cina ilmu ini sudah lama dikenal. “Sejak zaman dulu, untuk mencari dan mendapatkan jodoh yang tepat, etnis Cina selalu mengandalkan seni membaca wajah. Mereka mengenal ilmu ini sebagai bagian dari ilmu filsafat Cina,” ujar Erwin.
Dalam ilmu yang berlandaskan filosofi yin-yang ini dikenal lima bentuk wajah. Bentuk pertama, wajah kayu atau muka pohon, yakni memiliki ciri wajah bulat, yang di bagian dagunya mengecil atau lancip. Sifat dasarnya melindungi, sangat berpengaruh, setia, suka berpindah-pindah, dan bersikap apa adanya.
Lalu wajah api, dengan bentuk di bagian dagu membesar atau bentuk segi tiga, kepribadiannya kurang sabar, suka berkorban, bersemangat, pandai memotivasi orang, jago berstrategi, dan pintar membina sebuah hubungan.
Bentuk wajah tanah, yaitu wajah berbentuk kotak atau persegi, memiliki sifat dasar pandai menjaga rahasia, setia, pendiam, penyayang, dan sedikit kaku.
Wajah logam atau muka berbentuk lonjong berarti penyuka hal abstrak, berpikiran lurus, ahh strategi, pendendam, dan cepat beradaptasi.
Yang terakhir, wajah air, dengan bentuk muka bulat seperti bola, memiliki sifat cerdas, solidaritas, jago berbisnis, dan suka hal-hal dinamis.
Seni membaca wajah juga sudah berkembang di negara Barat. Paul Ekman dan Silvan Tomkins tercatat sebagai pakar seni membaca wajah yang cukup kondang di sana. Kekuatan ilmunya mengenah gerakan otot-otot wajah berguna untuk mengetahui emosi dan pikiran seseorang.
Bahkan ilmu Ekman yang merangkum semua kombinasi ini dalam facial action coding system banyak dipakai oleh para psikolog dan juga animator film, seperti di Pixar dan DreamWorks.

Jendela Hati

Selain wajah, ada elemen penting dalam seni membaca wajah, yaitu mata, telinga, hidung, bibir, dan alis. Mata adalah jendela hati. Karena itu, banyak orang yang ingin jika berbicara selalu menatap lawan bicaranya. Selain itu, dari mata kita bisa menerawang sifat bahkan karier seseorang. Mata kecil, misalnya, adalah orang yang penuh perhitungan. Buat para wanita, Erwin mengingatkan agar berhati-hati jika menemukan pria yang jika tertawa atau tersenyum memiliki guratan halus di ujung mata dekat pelipis.
Pria seperti itu, kata Erwin, ‘biasanya memiliki sifat sering bergonta-ganti pacar atau sering dikelilingi banyak lawan jenis. Untuk telinga, bisa dilihat dari bentuknya yang besar atau kecil. Semakin tebal telinga, apalagi di bagian bawahnya berbentuk bulatan seperti mutiara, pertanda seseorang di hari tuanya akan terbantu hidup makmur.
Hidung melambangkan hakim dalam dirinya. Hidung besar pertanda banyak rezeki, sedangkan lubang hidung yang besar artinya boros. Bentuk hidung bagus yang tegak lurus, yang umumnya dimiliki orang asing, menandakan fokus pada tujuan hidupnya. Bagian mulut atau bibir melambangkan emosi, perasaan, dan gairah seseorang. Bibir yang warnanya merah jambu pertanda memiliki emosi yang hangat, meski kepribadiannya sangat labil dan tidak suka bersahabat.
Sementara itu, bagian alis menandakan dukungan dan sikap fisik seseorang. Alis yang tebal, selain terkesan berwibawa, menandakan punya banyak dukungan, kawan, serta sangat bisa diandalkan.

Selama berabad-abad, manusia berusaha untuk memahami karakter seseorang dilihat dari wajahnya. Orang Cina percaya bahwa wajah merupakan refleksi dari kepribadian. Unsur yang terdapat dalam wajah seperti mata, hidung, bentuk wajah, hingga kerutan memiliki makna tertentu yang mampu mencermikan kepribadian seseorang.

Bentuk Muka
Bulat: Orang yang memilki muka bulat cenderung memiliki kepribadian yang emosional, sensitif, dan juga perhatian. Biasanya, pria yang memiliki muka bulat memiliki fantasi seksual yang sangat kuat dan nyaman dalam menjalami hubungan yang stabil dan jangka panjang.
Oval: Bentuk muka oval cenderung lebih praktis, sistematis dan pekerja keras. Mereka yang memiliki bentuk muka oval juga cenderung memiliki fisik yang atletis yang cenderung menciptakan narsisme pribadi yang mampu merusak hubungan.
Kotak: Orang dengan bentuk muka kotak cenderung agresif, ambisius, serta dominan. Mereka juga memiliki pemikiran yang tajam, ahli dalam melakukan analisis, dan kritis.
Segitiga: Bentuk muka seperti ini biasanya dimiliki oleh tubuh yang kurus dan memiliki kemampuan persuasi. Bentuk muka ini juga biasa dimiliki oleh orang Tionghoa yang memiliki pribadi yang kreatif dan sensitif tetapi juga temperamental.
Dahi
Dahi yang lebar menandakan suatu kecerdasan dan kepraktisan serta pribadi yang idealis namun tidak pernah mati kreativitas. Jika memiliki dahi yang rata, ini mengindikasikan seseorang yang pragmatis, logis, dan yang selalu mengandalkan fakta dan data. Jika memiliki dahi yang sangat lebar ini menandakan bahwa dia seorang pemimpi dan merupakan seseorang yang membutuhkan sebuah rencana aksi strategis untuk memenuhi ambisinya yang cukup besar.
Mata
Bagaimana cara mendeteksi seseorang itu berbohong? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Richard Bandler dalam Neuro Linguistic Programming yang menjelaskan bahwa tatapan seseorang saat berbicara bisa mengindikasikan apa yang dipikirkannya. Jika seseorang bertanya dan mereka menengok ke kanan, ini menandakan mereka sedang berpikir dan menggunakan otak kreatifnya dengan mengumpulkan segala aspek visual yang ada. Hal ini mengindikasikan bahwa mereka berbohong. Jika mereka menengok ke sebelah kiri, ini mengindikasikan mereka menggunakan memori yang ada di otak dan kemungkinan besar akan mengatakan kebenaran.
Bentuk mata juga sangat berpengaruh. Jika memiliki mata besar cenderung akan lebih toleran dan berpikiran terbuka. Sementara yang memiliki mata sipit mengindikasikan orang tersebut berpikiran sempit.
Hidung
Hidung yang ideal berbentuk mancung, lurus, dan penuh. Hidung yang mengembang mengindikasikan personal yang hangat dan memiliki empati yang besar dengan sekelilingnya. Tipe ini juga biasanya memberikan standar yang cukup tinggi dalam hidupnya dan memiliki perilaku yang baik. Untuk ukuran hidung yang besar cenderung suka melakukan kekerasan. Semakin besar hidung yang dimiliki orang tersebut, kecenderungan untuk melakukan tindakan kekerasan pun semakin tinggi. Jika Anda memiliki hidung pesek, ini menunjukkan Anda sebagai pribadi yang independen dan tahan banting, meski terkadang terjadi naik turun dalam hubungan percintaan maupun dengan hubungan pertemanan dengan orang lain.
Mulut
Mulut terkait dengan komunikasi dan sensualitas yang bisa dilihat dari bentuk bibir. Jika bibir atas tipis dan bagian bibir bawah tebal, hal ini mengindikasikan seseorang yang tidak bisa melakukan hubungan timbal balik dalam suatu hubungan. Jika sebaliknya, bentuk mulut tersebut justru mengindikasikan seseorang yang terlalu berbelas kasih. Jika memiliki bibir tebal di bagian atas dan bawah, menunjukkan sifat yang penyayang dan sensitif. Sementara yang bermulut kecil mengindikasikan sifat yang kejam dan egois.
Kerutan
Kerutan di seputar mata menunjukkan garis kebahagiaan. Hal ini menunjukkan adanya tanda keterbukaan hati kepada semua orang. Garis vertikal yang ada di antara mata menunjukkan sosok yang logis, pekerja keras, dan juga kritis. Kerutan di seputar hidung hingga menuju mulut merupakan garis tujuan hidup. Orang yang memiliki garis kerutan ini memiliki arah hidup yang tepat.
Segala bagian dari wajah kita memang bisa memancarkan kepribadian tertentu karena semuanya bergerak menunjukkan ekspresi tertentu pula. Dan tentu semuanya memiliki makna yang berlainan, namun Anda boleh mempercayai juga boleh tidak mempercayai interpretasi ini karena interpretasi hanya bisa dinilai oleh tiap individu dan interpretasi sifat seseorang juga tidak bisa hanya dilihat dari mimik muka, melainkan gesture tubuh dan kesehariannya.
(rileks.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar