warna-warni surabaya

warna-warni surabaya
semua ceritaku di surabaya

Minggu, 12 Juni 2011

Pergerakan

PENGERTIAN
Pergerakan mahasiswa yaitu tindakan inisiatif melalui idialisme Mahasiswa yang didasari atas sikap kepedulian sosial, yang muncul dengan melihat situasi dan kondisi  yang tidak ideal sehingga menuntut untuk sebuah perubahan yang lebih baik.
Sejarah gerakan yang terjadi di Indonesia, sebelum reformasi gerakan mahasiswa ada atas dasar logika, sementara itu setelah reformasi terjadi gerakan timbul dengan didasari sebuah rasa kepedulian.
So, Bisa kita ambil sebuah kesimpulan, gerakan = kepedulian.
UNSUR2 DI DALAM GERAKAN
Ada banyak unsur ketika kita tinjau mengenai sebuah gerakan, salah satunya mengenai unsur POLITIK :
Politik = cara untuk mencapai tujuan.
Didalam politik kita dapati berbagai cara-cara untuk mencapai sebuah tujuan, so, baik atau buruknya sebuah cara digunakan tergantung pada tujuan yang sudah di tentukan.
Politik yang berkembang di indonesia lebih cenderung mengarah ke sebuah kekuasaan, dan ini yang akhirnya merusak siklus perpolitikan di negri ini. Salah satu unsur yang bisa merusak, sebuah siklus kearah perbaikan system yaitu yaitu memonopoli perpolitikan hingga mengakibatkan kotornya sebuah cara.
Politik kotor = cara untuk mencapai tujuan yang didasari sebuah kepentingan golongan maupun pribadi.
Politik kotor bisa menjadi hambatan didalam kemurnian sebuah gerakan, karena gerkan mahasiswa yang tadinya didasari atas sebuah kepedulian yang datang dari jiwa seseorang, dimanfaatkan oleh masuknya kepentingan-kepentingan yang menguntungkan golongan atau pribadi.
 Sub pokok mengenai sebuah kepentingan         :
Kepentingan timbul karena kepuasan suatu golongan atau pribadi, dari sisi kekuasaan ( tahta ), materi ( harta), kebutuhan ( wanita ) dan masih banyak lagi.


Penyikapan untuk mengentisipasi adanya pemanfaatan didalam gerakan mahasiswa.
Untuk mengantisipasi didalam gerakan setidaknya kita harus bisa memahami kondisi yang ada, lewat sebuah analisa kondisi. Modal dasar yang perlu kita pahami tentunya taklepas dari sebuah potensi yang ada di dalam diri.
POTENSI DIRI
Tiga elemen dalam keahlian pribadi yaitu           :
v  Visi pribadi ( mempunyai prinsip ).
v  Tegangan kreatif ( pengembangan inisiatif ).
v  Komitmen kepada kebenaran (berpegangan terhadap kebenaran ).
Pengertian potensi diri :
yaitu Kemampuan yang ada pada diri seseorang, meliputi             :
v  Fisik.
v  Akal / otak.
v  Hati nurani.
Hal tersebut bisa kita jadikan sebagai modal dasar kita didalam penyikapan intrik kepentingan didalam sebuh gerakan Mahasiswa.
sumber : arsip materi HMAK(Himpunan Mahasiswa Akuntansi),UPN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar